Tuesday, 9 September 2014

Contoh Karya Ilmiah Remaja tentang Motor

Halaman Pengesahan

1.Judul artikel                  :
2.Identitas                                   
            a.Nama lengkap                      : Erna Nurlina Sari 
            b.NIS                                       :
            c.Kompetensi Jurusan             : Teknik Komputer Dan Jaringan       
            d.Asal sekolah                         : SMK Negeri 1 Cilacap
            e.Alamat Rumah/No.HP         :
            f.Alamat email                        :
3.Guru pembimbing
            a.Nama lengkap                      :
            b.NIP                                      :
            c.Alamat                                  :-
            d.No.HP                                  :-


Guru Pembimbing,                                                                  Penulis





Menyetujui
Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Cilacap





Drs.Y.Irianto Purwadi
NIP 195609091984031006











KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Puji syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis ini dengan tepat waktu.

Terima kasih kami sampaikan pula kepada:
1.      Drs.Y.Irianto,S.Pd. selaku Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1    Cilacap.
2.     Bu Witri  selaku Guru Pembimbing yang telah membimbing penulis dalam memahami dan menyusun Karya Tulis Ilmiah ini.
3.   Kedua orang tua dan keluarga yang telah memberikan doa dan dukungan dalam pengerjaan karya tulis ini.
Penulis  menyadari bahwa karya tulis ini masih banyak kekurangan dan jauh dari sempurna maka, penulis sangat mengharapkan kritik ataupun saran yang dapat membangun demi kesempurnaan karya tulis yang telah kami buat.
Penulis berharap karya tulis ini dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya yang membaca di dalam kehidupan bermasyarakat sehingga dapat menciptakan ketertiban dan rasa aman di antara masyarakat, khususnya dalam berlalu lintas & menggunakan kendaraan.
Akhir kata penulis mengucapkan terima kasih. Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Penulis







DAFTAR ISI
I.          Halaman pengesahan..................................................................... 1
II.       Kata Pengantar................................................................................. 2
III.     Daftar Isi........................................................................................... 3
IV.    Bab 1.................................................................................................. 4
1.      Pendahuluan............................................................................... 4
V.      Kelebihan kendaraan motor jenis matic bagi pelajar................. 6
VI.    Kekurangan kendaraan motor jenis matic bagi pelajar............. 7
VII. Kelebihan kendaraan motor jenis matic bagi pelajar................. 8
VIII.    Faktor yang mempengaruhi kecelakaan.................................... 11
IX.    Penyebab kecelakaan................................................................... 12
X.             Dampak yang terjadi.................................................................... 13
XI.          Solusi............................................................................................ 14
XII. Penutup........................................................................................... 15








PENTINGNYA KENDARAAN BERMOTOR

BAB 1
PENDAHULUAN
A.      LATAR BELAKANG
Perkembangan teknologi telah berkembang semakin pesat hingga disemua bidang, salah satunya dibidang transportasi. Transportasi darat merupakan jenis transportasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat baik di perkotaan maupun pedesaan. Salah satu contoh alat transportasi darat yang paling banyak kita jumpai saat ini yaitu sepeda motor. Mengendarai sepeda motor tidak perlu menguras energi terlalu banyak. Selain bahan bakarnya irit, cara memperolehnya mudah, harganya juga relatif terjangkau masyarakat. Karena alasan itulah, kendaraan sepeda motor semakin hari semakin meningkat jumlah penggunanya.
Berkendaraan dengan menggunakan sepeda motor kini sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat, khususnya di kalangan pelajar. Ketika ingin pergi ke sekolah, ke pasar dan ke tempat-tempat umum lainnya, mereka lebih senang mengendarai sepeda motor dibandingkan harus menggunakan alat transportasi lainnya, seperti angkutan umum ataupun ojek. Mengendarai motor milik sendiri selain lebih praktis, efisien, irit, juga meningkatkan status pemilik. Bersepeda motor memang menyenangkan bagi kebanyakan orang, khususnya para pelajar. Hal ini dapat dilihat dengan beragamnya jenis sepeda motor yang ada di daerah-daerah/kota-kota di Indonesia. Di CILACAP sendiri, khususnya di kalangan pelajar SMK N 1 CILACAP, bisa dipastikan 80% dari seluruh pelajar yang ada di SMK 1 CILACAP menjadikan sepeda motor sebagai alat transportasi utama,.
Dalam berkendara sepeda motor harus mengutamakan keamanan (safety riding), dan penggunaan helm beserta perlengkapan lainnya juga sangat penting bagi pengendara, khususnya untuk kalangan pelajar SMK N 1 CILACAP. Hal tersebut sangat berguna untuk mengurangi angka kecelakaan di Cilacap yang dari tahun ke tahun terus meningkat. Bahkan sebagian besar dari korban kecelakaan tersebut adalah pelajar. Untuk itu, kami melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kesadaran berkendara dengan aman bagi kalangan pelajar SMK N 1 CILACAP, mengetahui faktor penyebab terjadinya kecelakaan di jalan raya, khususnya kecelakaan di kalangan pelajar,serta mengetahui peranan pihak kepolisian setempat dan pihak dealer – dealer motor khususnya dealer motor Honda dalam upaya meminimalisir angka kecelakaan akibat berkendara sepeda motor.
Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 CILACAP. Dari hasil penelitian menunjukkan. Sebagian besar siswa berangkat ke sekolah dengan menggunakan helm berlabel SNI, sisanya siswa menggunakan helm tidak berlabel. Adapun siswa yang menggunakan jaket saat berkendara sebanyak 56% dan sebanyak 36% tidak menggunakan jaket, serta 8% kadang – kadang memakai jaket. Sebanyak 8% siswa menggunakan sarung tangan dan 92% tidak menggunakan sarung tangan.

Selera yang digunakan anak SMK N 1 CILACAP dalam memilih sepeda motor pun beragam, kecenderungan siswa menggunakan motor merek Honda. Siswa  sebagian besar menggunakan sepeda motor di tempat ini menggunakan motor jenis skuter/ matic. Mungkin di lihat dari mayoritas anak di sini adalah perempuan. Dengan body yang anggun terasa lebih serasi menggunakan motor skuter ini. Namun, di sisi lain motor matic mempunyai kelebihan dan kelemahan tersendiri.
B.      RUMUSAN MASALAH:
1.      Apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan motor matic?
2.      Bagian apa saja yang sering di modifikasi?
3.      Bagaimana menjaga keselamatan dalam berkendara?

C.      TUJUAN PENELITIAN:
1.     Kelebihan kendaraan motor jenis matic bagi pelajar.
2.     Kekurangan kendaraan motor jenis matic bagi pelajar.
3.     Modifikasi kendaraan bermotor di kalangan pelajar.
4.     Keselamatan dalam berkendara.






     I.            Kelebihan kendaraan motor jenis matic bagi pelajar.
Ø Menurut survey yang kami lakukan di SMK N 1 CILACAP menyatakan sebagai berikut

Kelebihan :
1.      Mudah dan nyaman di gunakan.
2.      Bentuknya yang menarik pas dengan selera wanita.
3.      Tarikannya kencang.
Dari sisi tampilan bentuk dan warna motor matic memang variasi. Lebih stylist dan feminim, wajar saja bila banyak remaja wanita yang memilih motor jenis matic. Di antara kelebihannya, motor matic sangat mudah dioperasikan hanya memutar gas, tanpa memindahkan perseneling dan menekan kopling dan tinggal tarik rem motor berhenti. Sangat nyaman untuk digunakan di jalanan, terutama di jalanan yang kondisinya sudah tergolong padat.
            Ruangan yang cukup longgar untuk meletakkan kaki merupakan kenyamanan tersendiri disaat berkendara.Disamping itu tempat tersebut bisa dipakai untuk meletakkan tas ukuran besar,sangat berguna disaat bawa barang bawaan disaat mudik.

 II.            Kekurangan kendaraan motor jenis matic bagi pelajar.
1.      Lebih boros bahan bakar di bandingkan motor bebek.
2.      Jika di polisi tidur terkadang bagian bawah motor menyentuh jalan.
3.      Jika mesin sudah terlalu panas, kecepatan motor akan berkurang.
4.      Kontrol terhadap rem kurang.
5.      kalah tarikan dengan motor gigi manual CC sekelas.
6.      loyo disaat menapaki jalan tanjakan.

Tidak lengkap jika hanya mengetahui kelebihanya. Kekurangan motor matic di banding motor lainya pun beragam seperti Kebanyakan siswa-siswi SMK N 1 CILACAP berpendapat motor matic lebih boros bahan bakar sekitar 10%-15%. Diameter rodanya yang terlalu kecil, mengakibatkan kurang nyaman dalam melintasi jalan kurang rata. Karena beban mesin pada motor matic lebih besar, sehingga mesin juga menjadi lebih cepat panas daripada motor gigi manual. Dalam keandalan mesin, motor matic juga sering diasumsikan memiliki tingkat yang lebih rendah dari motor manual. Hal ini karena, motor matic menggunakan sistem transmisi yang lebih rumit sehingga meningkatkan resiko kegagalan sistem.
Dengan kita mengetahui kelebihan dan kekurangan motor matic, setidaknya kita bisa mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi bila kita memilih motor ini


III.            Pengaruh Penggantian Sparepart Motor yang Tidak Standart
            Pada saat sekarang ini, motor merupakan kendaraan yang umum bagi masyarakat. Beberapa tahun yang lalu, motor merupakan kebutuhan sekunder dalam keluarga, tapi sekarang motor merupakan kebutuhan primer dalam keluarga.
Hal ini disebabkan karena pengaruh perkembangan jaman dan teknologi yang berkembang sangat pesat. Saat ini motor merupakan alat transportasi yang sangat di gemari dan di minati oleh semua orang, karena berbagai motor hadir dalam bentuk dan variasi yang menarik dengan suku cadang yang menarik pula.
Namun kita jangan sampai terlena, kita harus bijak dalam penggunaan sepeda motor, karena setelah ini kebanyakan remaja dalam penggunaan sepeda motor itu seenaknya sendiri, tidak memperhatikan apakah tindakan yang dilakukannya itu benar atau salah, merugikan diri sendiri atau tidak, dan itu benar-benar terjadi di Indonesia, tepatnya di Cilacap.
Menurut apa yang kami lihat dan perhatikan, remaja sekarang telah salah menyalah gunakan fungsi motor. Mereka mengalih fungsikan motor dari alat transportasi menjadi alat pengikat bagi dirinya, dengan cara merombak, penggantian sparepart, atau menyeting ulang tampilan motor tersebut yang menurut pendapat mereka itu menarik dan tanpa mengetahui resiko yang akan di timbulkan dari penggantian sparepart tersebut. Penggantian sparepart motor juga sering dilakukan para remaja diantaranya adalah:
1.      Ban  dan pelek motor
2.      Lampu
3.      Knalpot
4.      Spion motor
5.      Dll

1.      Ban dan pelek motor
Ban dan pelek biasa di ganti /di modifikasi oleh para pengguna motor.mereka mengganti ban dan pelek menjadi lebih kecil dan ramping yang biasa di sebut dengan “ring 17”tetapi sayangnya,suku cadang ban yang mereka ganti tidak sesuai dengan standart SNI,karena ban tersebut tidak dapat menampung beban yang berat dan tidak tahan lama.

2.      Lampu motor
Lampu motor adalah bagian yang penting dalam komposisi sebuah motor karena untuk 
menerangi jalan pada saat gelap.Lampu motor terletak pada bagian depan dan belakang motor. Seperti penggantian warna lampu yang berwarna-warni.
      Penggantian lampu motor sangat beresiko bagi pengendara yang berada di depan maupun yang berada di belakang motor itu. Lampu motor merupakan bagian yang paling sering di modifikasi, seperti penggantian warna lampu motor yang menjadi berwarna-warni.
      Apakah mereka tahu bahwa penggantian lampu motor itu sangat beresiko bagi pengendara yang berada di depan maupun di belakang motor itu karena, sorot lampu yang berwarna-warni mengganggu penglihatan bagi pengendara motor lain.

3.      Knalpot


Knalpot motor merupakan salah satu bagian motor yang sering di modifikasi. Tetapi yang lebih sering kami lihat penggantian knalpot itu tidak standart SNI. Seperti:
·         Tidak lulus uji Emisi.
·         Bunyinya yang bising.
Jika knalpot itu terus menerus di gunakan maka akan menyebabkan polisi udara dan meresahkan warga sekitar.

4.      Spion Motor

Merupakan bagian motor yang fungsinya sangat penting namun terkadang pengguna motor menggunakan spion motor tidak sesuai dengan fungsi utamanya, yang biasanya hanya sebagai hiasan saja. Sehingga mengakibatkan kerugian baik kerugian jasmani  maupun rohani. Misalnya hanya memasang satu spion atau memasang kaca spion yang terlalu kecil.


IV.            Faktor Yang Mempengaruhi Kecelakaan

1.        Faktor Manusia
Faktor manusia merupakan faktor yang paling dominan dalam kecelakaan, hampir semua kejadian kecelakaan di lakukan dengan melanggar rambu-rambu lalu lintas. Pelanggaran terjadi karena ketidak sadaran manusia dalam pelanggaran lalu lintas atau juga manusia tidak mengetahui arti dari rambu-rambu lalu lintas tersebut. Bahkan banyak anak muda yang mengendarai kendaraan tidak aturan .
Disamping itu juga saat mudik banyak keluarga yang mengendarai sepeda motor yang tidak tau aturan, satu keluarga dalam satu motor. Motor satu dipakai 4 sampai 5 orang. Seperti itulah yang mengakibatkan kecelakaan lalu lintas terjadi dari faktor manusia.

2.        Faktor Kendaraan
Kondisi kendaraan yang akan di jadikan sebagai alat transportasi kita juga harus di perhatikan, apakah kendaraan memang sudah siap dikendarai atau belum di jalan raya. Bahkan masih ada yang perlu di perbaiki. Faktor kendaraan yang sering terjadi yaitu ban pecah, rem blong, bensin habis bahkan ada mesin yang kurang, yang mengakibatkan kecelakaan pada diri kita. Untuk itu kita harus sering-sering memperhatikan dan memperbaiki kendaraan kita.     

3.     Faktor Jalan
Faktor jalan terkait dengan jarak pandang kita, banyak jalanan yang rusak,bergelombang yang  sangat berbahaya bagi pegendara sepeda motor. Jalan bergelombang banyak juga mengakibatkan ketidak stabilan dan keseimbangan dalam mengendara, sehingga pengendara akan sulit mengendalikan kendaraannya yang mengakibatkan bisa menabrak pengendara lainnya. Tidak hanya jalan berlubang dan bergelombang, jalan berliku juga bisa mengakibatkan kecelakaan lalu lintas. Saat  pengendara tidak sadar dan tidak mengetahui adanya tikungan, pengendara bisa menabrak pengendara lain yang ada dijalan bahkan juga tikungan diatas jurang pengendara bisa terjun ke dalam jurang dan belum tentu juga selamat bagi pengendara.

4.      Faktor Cuaca
Faktor cuaca juga bisa menjadi dampak yang buruk, terutama pada musim hujan.apabila saat hujan deras masih mengedarai kendaraan pasti perasaan kita tidak enak dan tidak karuan. Saat hujan deras bahkan berangin hendaknya kita berhenti dahulu sampai hujannya reda. Bisa terjadi kecelakaan dengan pohon tumbang dan lawan arah karena jalanan tidak jelas dari jarak pandang kita.

V. Penyebab Kecelakaan
1. Pengemudi kehilangan konsentrasi

Faktor ini menempati urutan pertama, karena hasil penelitian menyebut faktor ini memiliki persentase menyebabkan kecelakaan hingga 55 persen. Pengemudi tidak fokus ke kondisi jalan saat mereka menelepon atau menerima telepon di saat mengemudi. Penyebab lainnya, karena pengemudi membaca dokumen, membaca pesan pendek, melihat di sekeliling jalan dalam waktu lama, mengatur peranti audio.

2.Lelah dan ngantuk
Penyebab kedua yang menjadi pemicu terjadinya kecelakaan adalah kelelahan dan mengantuk. Keduanya memiliki persentase menyebabkan kecelakaan hingga 45 persen.Disebutkan, saraf sensorik dan motorik orang yang sangat lelah dan mengantuk menurun kepekaannya. Sehingga, selain menyebabkan tidak konsentrasi lelah dan mengantuk juga menyebabkan tingkat refleks seseorang berkurang.
3.Kecepatan melebihi batas   
Faktor lain yang juga kerap menjadi penyebab kecelakaan adalah pengemudi menggeber mobil dengan kecepatan yang melebihi standar yang diizinkan di jalan. Pengemudi akan kesulitan melakukan manuver dengan aman saat kondisi jalan tak memungkinkan.

4.Pengaruh beralkohol dan obat
Menenggak alkohol atau mengkonsumsi obat-obatan berpotensi menghilangkan kemampuan kontrol otak.    Sehingga selain kesadaran hilang atau berkurang, kemampuan refleks juga merosot drastis.           

VI.        Dampak yang terjadi
1.        Meningkatnya korban kecelakaan
Dari faktor – faktor tersebut sudah di ketahui bahwa kecelakaan lalu lintas bisa menyebabkan semakin meningkatnya korban kecelakaan. Banyak contoh yang terjadi termasuk kecelakaan bus rombongan haji yang menabrak dua  rumah di pinggir jalan. Hanya saja bus itu setelah mengantar rombongan haji, bus melaju kencang dan menabrak dua rumah yang berada di pinggir jalan. Korban tewas adalah pengemudi bus sendiri atas keteledoran dan keegoisannya sendiri. Akibat terjadi benturan keras, kondisi bus mengalami rusak berat pada bagian depan, sedangkan dua rumah penduduk nyaris ambruk. Tidak hanya itu saja yang terjadi, ada juga terdapat di jalan slamet riyadi, makam haji, kartasura, sukoharjo kecelakaan antara sepeda motor dan truk, dengan ketidak sadaran pengemudi sepeda motor yang tidak menaati lalu lintas, tapi tidak menimbulkan korban jiwa hanya luka ringan saja.
2.Ketidak nyamanan
Dari itu semua masyarakat sekitar merasa tidak nyaman dengan adanya kecelakaan lalu lintas. Bahkan juga bisa menyebabkan trauma yang berat bagi yang melihat kecelakaan tersebut. Anak – anak kecil yang ingin belajar naik kendaraan jadi bimbang dan ragu.

           3.Mengganggu jalannya lalu lintas
Kecelakaan lalu lintas hampir setiap hari terjadi, dengan kejadian tersebut bisa membuat jalanan macet total, bahkan juga bisa mengakibatkan kecelakaan juga. Jalan tidak jadi lancar malah macet. Selain macet juga pengguna jalan yang lain jadi resah gelisah melihatnya. Dari peristiwa itu bisa mengganggu pengguna jalan yang lain.

VII. Solusi
1.Peningkatan Fasilitas Transportasi Umum
Peningkatan fasilitas transportasi umum termasuk solusi awal, yang di maksud yaitu peningkatan fasilitas yang di gunakan oleh transportasi. Bisa juga meningkatkan transportasi umum, lebih banyak transportasi umum lebih sedikit yang berkendara dengan sepeda motor, Karena paling banyak terjadi kecelakaan yaitu pengendara sepeda motor.

2.Penyuluhan Ketertiban Dalam Lalu Lintas
Pengguna jalan raya masih banyak yang melanggar peraturan lalu lintas bahkan masih banyak yang belum cukup umur dan tidak mempunyai surat izin mengemudi (SIM). Maka dari itu pihak kepolisian tiap pekan bulan mengadakan penyuluhan tentang ketertiban lalu lintas. Karena faktor utama kecelakaan lalu lintas yaitu faktor manusia yang tidak tau arti dari peraturan lalu lintas.

         3.Terjunnya Polisi Lalu Lintas
Melihat dari kondisi seperti ini pihak polisi lalu lintas seharusnya sadar dan mengarahkan seluruh anggota untuk terjun langsung ke jalan raya mengatur jalannya lalu lintas. Karena bagaimanapun juga itu sudah jadi tanggung jawab mereka polisi lalu lintas. Jika kondisi seperti ini di biarkan maka tidak menutup kemungkinan akan sering terjadi kecelakaan dikarenakan pengaturan jalan yang asal-asalan. Yang di lakukan oleh pihak – pihak tertentu  yang dapat merugikan pengguna jalan maupun nyawa mereka sendiri.




PENUTUP
        Dengan mengucapkan syukur kehadirat Allah SWT, penulis telah menyelesaikan karya tulis ini. Penulis juga berharap kritik dan saran agar karya tulis ini lebih baik dan lebih sempurna lagi. Tidak lupa Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan karya tulis ini.Semoga apa yang penulis buat ini,dapat bermanfaat bagi semua kalangan.

KRITIK DAN SARAN
1.  Hendaknya masyarakat sekitar harus memilki kesadaran yang tinggi dalam menggunakan sarana dan prasarana transportasi.
2.  Hendaknya pemerintah harus lebih jelas dalam membuat peraturan berlalu lintas.
3.  Hendaknya pemerintah harus meningkatkan lagi peraturan lalu lintas.
4.  Hendaknya pemerintah memberi kemudahan dan kenyamanan bagi para pengguna sarana dan prasarana transportasi.