Halaman
Pengesahan
1.Judul
artikel :
2.Identitas
a.Nama lengkap : Erna Nurlina Sari
b.NIS :
c.Kompetensi Jurusan : Teknik Komputer Dan Jaringan
d.Asal sekolah : SMK Negeri 1 Cilacap
e.Alamat Rumah/No.HP :
f.Alamat email :
3.Guru
pembimbing
a.Nama lengkap :
b.NIP :
c.Alamat :-
d.No.HP :-
Guru Pembimbing, Penulis
Menyetujui
Kepala
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Cilacap
Drs.Y.Irianto
Purwadi
NIP
195609091984031006
KATA
PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Puji
syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat
menyelesaikan karya tulis ini dengan tepat waktu.
Terima
kasih kami sampaikan pula kepada:
1. Drs.Y.Irianto,S.Pd.
selaku Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Cilacap.
2. Bu
Witri selaku Guru Pembimbing yang telah
membimbing penulis dalam memahami dan menyusun Karya Tulis Ilmiah ini.
3. Kedua
orang tua dan keluarga yang telah memberikan doa dan dukungan dalam pengerjaan
karya tulis ini.
Penulis menyadari bahwa karya tulis ini masih banyak
kekurangan dan jauh dari sempurna maka, penulis sangat mengharapkan kritik
ataupun saran yang dapat membangun demi kesempurnaan karya tulis yang telah
kami buat.
Penulis berharap karya tulis ini
dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya yang membaca di dalam kehidupan
bermasyarakat sehingga dapat menciptakan ketertiban dan rasa aman di antara
masyarakat, khususnya dalam berlalu lintas & menggunakan kendaraan.
Akhir
kata penulis mengucapkan terima kasih. Wassalamu’alaikum
Wr.Wb
Penulis
DAFTAR ISI
I.
Halaman
pengesahan.....................................................................
1
II.
Kata
Pengantar................................................................................. 2
III.
Daftar
Isi........................................................................................... 3
IV.
Bab
1.................................................................................................. 4
1. Pendahuluan............................................................................... 4
V.
Kelebihan kendaraan motor jenis matic bagi
pelajar................. 6
VI.
Kekurangan
kendaraan motor jenis matic bagi pelajar............. 7
VII. Kelebihan kendaraan motor jenis matic bagi pelajar................. 8
VIII. Faktor yang mempengaruhi kecelakaan.................................... 11
IX. Penyebab
kecelakaan................................................................... 12
X.
Dampak yang terjadi.................................................................... 13
XI.
Solusi............................................................................................ 14
XII. Penutup........................................................................................... 15
PENTINGNYA KENDARAAN
BERMOTOR
BAB 1
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Perkembangan teknologi telah
berkembang semakin pesat hingga disemua bidang, salah satunya dibidang
transportasi. Transportasi darat merupakan jenis transportasi yang paling
banyak digunakan oleh masyarakat baik di perkotaan maupun pedesaan. Salah satu
contoh alat transportasi darat yang paling banyak kita jumpai saat ini yaitu
sepeda motor. Mengendarai sepeda motor tidak perlu menguras energi terlalu
banyak. Selain bahan bakarnya irit, cara memperolehnya mudah, harganya juga
relatif terjangkau masyarakat. Karena alasan itulah, kendaraan sepeda motor
semakin hari semakin meningkat jumlah penggunanya.
Berkendaraan dengan
menggunakan sepeda motor kini sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat,
khususnya di kalangan pelajar. Ketika ingin pergi ke sekolah, ke pasar dan ke
tempat-tempat umum lainnya, mereka lebih senang mengendarai sepeda motor
dibandingkan harus menggunakan alat transportasi lainnya, seperti angkutan umum
ataupun ojek. Mengendarai motor milik sendiri selain lebih praktis, efisien,
irit, juga meningkatkan status pemilik. Bersepeda motor memang menyenangkan bagi
kebanyakan orang, khususnya para pelajar. Hal ini dapat dilihat dengan beragamnya
jenis sepeda motor yang ada di daerah-daerah/kota-kota di Indonesia. Di CILACAP
sendiri, khususnya di kalangan pelajar SMK N 1 CILACAP, bisa dipastikan 80%
dari seluruh pelajar yang ada di SMK 1 CILACAP menjadikan sepeda motor sebagai
alat transportasi utama,.
Dalam berkendara sepeda
motor harus mengutamakan keamanan (safety
riding), dan penggunaan helm beserta perlengkapan lainnya juga sangat
penting bagi pengendara, khususnya untuk kalangan pelajar SMK N 1 CILACAP. Hal
tersebut sangat berguna untuk mengurangi angka kecelakaan di Cilacap yang dari
tahun ke tahun terus meningkat. Bahkan sebagian besar dari korban kecelakaan
tersebut adalah pelajar. Untuk itu, kami melakukan penelitian ini dengan tujuan
untuk mengetahui tingkat kesadaran berkendara dengan aman bagi kalangan pelajar
SMK N 1 CILACAP, mengetahui faktor penyebab terjadinya kecelakaan di jalan
raya, khususnya kecelakaan di kalangan pelajar,serta mengetahui peranan pihak
kepolisian setempat dan pihak dealer – dealer motor khususnya dealer motor
Honda dalam upaya meminimalisir angka kecelakaan akibat berkendara sepeda
motor.
Penelitian ini dilakukan
di SMKN 1 CILACAP. Dari hasil penelitian menunjukkan. Sebagian besar siswa
berangkat ke sekolah dengan menggunakan helm berlabel SNI, sisanya siswa
menggunakan helm tidak berlabel. Adapun siswa yang menggunakan jaket saat
berkendara sebanyak 56% dan sebanyak 36% tidak menggunakan jaket, serta 8%
kadang – kadang memakai jaket. Sebanyak 8% siswa menggunakan sarung tangan dan
92% tidak menggunakan sarung tangan.
Selera yang digunakan
anak SMK N 1 CILACAP dalam memilih sepeda motor pun beragam, kecenderungan
siswa menggunakan motor merek Honda. Siswa sebagian besar menggunakan sepeda motor di
tempat ini menggunakan motor jenis skuter/ matic. Mungkin di lihat dari
mayoritas anak di sini adalah perempuan. Dengan body yang anggun terasa lebih
serasi menggunakan motor skuter ini. Namun, di sisi lain motor matic mempunyai
kelebihan dan kelemahan tersendiri.
B.
RUMUSAN MASALAH:
1.
Apa saja yang menjadi kelebihan dan
kekurangan motor matic?
2.
Bagian apa saja yang sering di modifikasi?
3.
Bagaimana menjaga keselamatan dalam
berkendara?
C.
TUJUAN PENELITIAN:
1. Kelebihan kendaraan motor jenis matic bagi pelajar.
2. Kekurangan kendaraan motor jenis matic bagi pelajar.
3. Modifikasi kendaraan bermotor di kalangan pelajar.
4. Keselamatan dalam berkendara.
I.
Kelebihan kendaraan motor jenis matic bagi
pelajar.
Ø Menurut survey yang kami lakukan di SMK N 1 CILACAP menyatakan sebagai
berikut
Kelebihan :
1.
Mudah dan nyaman di gunakan.
2.
Bentuknya yang menarik pas dengan selera
wanita.
3.
Tarikannya kencang.
Dari sisi tampilan
bentuk dan warna motor matic memang variasi. Lebih stylist dan feminim, wajar
saja bila banyak remaja wanita yang memilih motor jenis matic. Di
antara kelebihannya, motor matic sangat mudah dioperasikan hanya memutar gas,
tanpa memindahkan perseneling dan menekan kopling dan tinggal tarik rem motor
berhenti. Sangat nyaman untuk digunakan di jalanan, terutama di
jalanan yang kondisinya sudah tergolong padat.
Ruangan yang
cukup longgar untuk meletakkan kaki merupakan kenyamanan tersendiri disaat
berkendara.Disamping itu tempat tersebut bisa dipakai untuk meletakkan tas
ukuran besar,sangat berguna disaat bawa barang bawaan disaat mudik.
II.
Kekurangan kendaraan motor jenis matic
bagi pelajar.
1.
Lebih boros bahan bakar di bandingkan
motor bebek.
2.
Jika di polisi tidur terkadang bagian
bawah motor menyentuh jalan.
3.
Jika mesin sudah terlalu panas, kecepatan
motor akan berkurang.
4.
Kontrol terhadap rem kurang.
5.
kalah tarikan
dengan motor gigi manual CC sekelas.
6.
loyo disaat
menapaki jalan tanjakan.
Tidak lengkap jika hanya
mengetahui kelebihanya. Kekurangan motor matic di banding motor lainya pun
beragam seperti Kebanyakan siswa-siswi SMK N 1 CILACAP berpendapat motor matic
lebih boros bahan bakar sekitar 10%-15%. Diameter rodanya yang terlalu kecil,
mengakibatkan kurang nyaman dalam melintasi jalan kurang rata. Karena beban mesin
pada motor matic lebih besar, sehingga mesin juga menjadi lebih cepat panas
daripada motor gigi manual. Dalam keandalan mesin, motor matic juga sering
diasumsikan memiliki tingkat yang lebih rendah dari motor manual. Hal ini
karena, motor matic menggunakan sistem transmisi yang lebih rumit sehingga
meningkatkan resiko kegagalan sistem.
Dengan
kita mengetahui kelebihan dan kekurangan motor matic, setidaknya kita bisa
mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi bila kita memilih motor ini
III.
Pengaruh Penggantian Sparepart Motor
yang Tidak Standart
Pada saat sekarang ini, motor
merupakan kendaraan yang umum bagi masyarakat. Beberapa tahun yang lalu, motor
merupakan kebutuhan sekunder dalam keluarga, tapi sekarang motor merupakan
kebutuhan primer dalam keluarga.
Hal
ini disebabkan karena pengaruh perkembangan jaman dan teknologi yang berkembang
sangat pesat. Saat ini motor merupakan alat transportasi yang sangat di gemari
dan di minati oleh semua orang, karena berbagai motor hadir dalam bentuk dan
variasi yang menarik dengan suku cadang yang menarik pula.
Namun
kita jangan sampai terlena, kita harus bijak dalam penggunaan sepeda motor,
karena setelah ini kebanyakan remaja dalam penggunaan sepeda motor itu
seenaknya sendiri, tidak memperhatikan apakah tindakan yang dilakukannya itu
benar atau salah, merugikan diri sendiri atau tidak, dan itu benar-benar
terjadi di Indonesia, tepatnya di Cilacap.
Menurut
apa yang kami lihat dan perhatikan, remaja sekarang telah salah menyalah
gunakan fungsi motor. Mereka mengalih fungsikan motor dari alat transportasi
menjadi alat pengikat bagi dirinya, dengan cara merombak, penggantian
sparepart, atau menyeting ulang tampilan motor tersebut yang menurut pendapat
mereka itu menarik dan tanpa mengetahui resiko yang akan di timbulkan dari
penggantian sparepart tersebut. Penggantian sparepart motor juga sering
dilakukan para remaja diantaranya adalah:
1. Ban dan pelek motor
2. Lampu
3. Knalpot
4. Spion
motor
5. Dll
1. Ban
dan pelek motor
Ban
dan pelek biasa di ganti /di modifikasi oleh para pengguna motor.mereka
mengganti ban dan pelek menjadi lebih kecil dan ramping yang biasa di sebut
dengan “ring 17”tetapi sayangnya,suku
cadang ban yang mereka ganti tidak sesuai dengan standart SNI,karena ban
tersebut tidak dapat menampung beban yang berat dan tidak tahan lama.
2. Lampu
motor
Lampu
motor adalah bagian yang penting dalam komposisi sebuah motor karena untuk
menerangi
jalan pada saat gelap.Lampu motor terletak pada bagian depan dan belakang
motor. Seperti penggantian warna lampu yang berwarna-warni.
Penggantian lampu motor sangat beresiko
bagi pengendara yang berada di depan maupun yang berada di belakang motor itu.
Lampu motor merupakan bagian yang paling sering di modifikasi, seperti
penggantian warna lampu motor yang menjadi berwarna-warni.
Apakah mereka tahu bahwa penggantian lampu
motor itu sangat beresiko bagi pengendara yang berada di depan maupun di
belakang motor itu karena, sorot lampu yang berwarna-warni mengganggu
penglihatan bagi pengendara motor lain.
3.
Knalpot
·
Tidak lulus uji Emisi.
·
Bunyinya yang bising.
Jika
knalpot itu terus menerus di gunakan maka akan menyebabkan polisi udara dan
meresahkan warga sekitar.
4. Spion
Motor
IV.
Faktor Yang Mempengaruhi Kecelakaan
1.
Faktor Manusia
Faktor manusia merupakan faktor yang
paling dominan dalam kecelakaan, hampir semua kejadian kecelakaan di lakukan
dengan melanggar rambu-rambu lalu lintas. Pelanggaran terjadi karena ketidak
sadaran manusia dalam pelanggaran lalu lintas atau juga manusia tidak
mengetahui arti dari rambu-rambu lalu lintas tersebut. Bahkan banyak anak muda
yang mengendarai kendaraan tidak aturan .
Disamping itu juga saat mudik banyak
keluarga yang mengendarai sepeda motor yang tidak tau aturan, satu keluarga
dalam satu motor. Motor satu dipakai 4 sampai 5 orang. Seperti itulah yang
mengakibatkan kecelakaan lalu lintas terjadi dari faktor manusia.
2.
Faktor Kendaraan
Kondisi kendaraan yang akan di jadikan
sebagai alat transportasi kita juga harus di perhatikan, apakah kendaraan
memang sudah siap dikendarai atau belum di jalan raya. Bahkan masih ada yang
perlu di perbaiki. Faktor kendaraan yang sering terjadi yaitu ban pecah, rem
blong, bensin habis bahkan ada mesin yang kurang, yang mengakibatkan kecelakaan
pada diri kita. Untuk itu kita harus sering-sering memperhatikan dan memperbaiki
kendaraan kita.
3.
Faktor Jalan
Faktor jalan terkait dengan jarak
pandang kita, banyak jalanan yang rusak,bergelombang yang sangat berbahaya bagi pegendara sepeda motor.
Jalan bergelombang banyak juga mengakibatkan ketidak stabilan dan keseimbangan dalam
mengendara, sehingga pengendara akan sulit mengendalikan kendaraannya yang
mengakibatkan bisa menabrak pengendara lainnya. Tidak hanya jalan berlubang dan
bergelombang, jalan berliku juga bisa mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.
Saat pengendara tidak sadar dan tidak
mengetahui adanya tikungan, pengendara bisa menabrak pengendara lain yang ada
dijalan bahkan juga tikungan diatas jurang pengendara bisa terjun ke dalam
jurang dan belum tentu juga selamat bagi pengendara.
4.
Faktor Cuaca
Faktor cuaca juga bisa menjadi dampak
yang buruk, terutama pada musim hujan.apabila saat hujan deras masih mengedarai
kendaraan pasti perasaan kita tidak enak dan tidak karuan. Saat hujan deras
bahkan berangin hendaknya kita berhenti dahulu sampai hujannya reda. Bisa terjadi
kecelakaan dengan pohon tumbang dan lawan arah karena jalanan tidak jelas dari
jarak pandang kita.
V.
Penyebab Kecelakaan
1.
Pengemudi kehilangan konsentrasi
Faktor ini menempati urutan pertama, karena hasil penelitian menyebut faktor ini memiliki persentase menyebabkan kecelakaan hingga 55 persen. Pengemudi tidak fokus ke kondisi jalan saat mereka menelepon atau menerima telepon di saat mengemudi. Penyebab lainnya, karena pengemudi membaca dokumen, membaca pesan pendek, melihat di sekeliling jalan dalam waktu lama, mengatur peranti audio.
Faktor ini menempati urutan pertama, karena hasil penelitian menyebut faktor ini memiliki persentase menyebabkan kecelakaan hingga 55 persen. Pengemudi tidak fokus ke kondisi jalan saat mereka menelepon atau menerima telepon di saat mengemudi. Penyebab lainnya, karena pengemudi membaca dokumen, membaca pesan pendek, melihat di sekeliling jalan dalam waktu lama, mengatur peranti audio.
2.Lelah dan ngantuk
Penyebab
kedua yang menjadi pemicu terjadinya kecelakaan adalah kelelahan dan mengantuk.
Keduanya memiliki persentase menyebabkan kecelakaan hingga 45
persen.Disebutkan, saraf sensorik dan motorik orang yang sangat lelah dan
mengantuk menurun kepekaannya. Sehingga, selain menyebabkan tidak konsentrasi
lelah dan mengantuk juga menyebabkan tingkat refleks seseorang berkurang.
3.Kecepatan
melebihi batas
Faktor lain yang juga kerap menjadi penyebab kecelakaan adalah pengemudi menggeber mobil dengan kecepatan yang melebihi standar yang diizinkan di jalan. Pengemudi akan kesulitan melakukan manuver dengan aman saat kondisi jalan tak memungkinkan.
Faktor lain yang juga kerap menjadi penyebab kecelakaan adalah pengemudi menggeber mobil dengan kecepatan yang melebihi standar yang diizinkan di jalan. Pengemudi akan kesulitan melakukan manuver dengan aman saat kondisi jalan tak memungkinkan.
4.Pengaruh
beralkohol dan obat
Menenggak
alkohol atau mengkonsumsi obat-obatan berpotensi menghilangkan kemampuan
kontrol otak. Sehingga selain kesadaran
hilang atau berkurang, kemampuan refleks juga merosot drastis.
VI.
Dampak yang terjadi
1.
Meningkatnya korban kecelakaan
Dari faktor – faktor tersebut sudah di ketahui
bahwa kecelakaan lalu lintas bisa menyebabkan semakin meningkatnya korban
kecelakaan. Banyak contoh yang terjadi termasuk kecelakaan bus rombongan haji
yang menabrak dua rumah di pinggir
jalan. Hanya saja bus itu setelah mengantar rombongan haji, bus melaju kencang
dan menabrak dua rumah yang berada di pinggir jalan. Korban tewas adalah
pengemudi bus sendiri atas keteledoran dan keegoisannya sendiri. Akibat terjadi
benturan keras, kondisi bus mengalami rusak berat pada bagian depan, sedangkan
dua rumah penduduk nyaris ambruk. Tidak hanya itu saja yang terjadi, ada juga
terdapat di jalan slamet riyadi, makam haji, kartasura, sukoharjo kecelakaan
antara sepeda motor dan truk, dengan ketidak sadaran pengemudi sepeda motor
yang tidak menaati lalu lintas, tapi tidak menimbulkan korban jiwa hanya luka
ringan saja.
2.Ketidak
nyamanan
Dari itu semua masyarakat sekitar merasa
tidak nyaman dengan adanya kecelakaan lalu lintas. Bahkan juga bisa menyebabkan
trauma yang berat bagi yang melihat kecelakaan tersebut. Anak – anak kecil yang
ingin belajar naik kendaraan jadi bimbang dan ragu.
3.Mengganggu jalannya lalu lintas
Kecelakaan lalu lintas hampir setiap
hari terjadi, dengan kejadian tersebut bisa membuat jalanan macet total, bahkan
juga bisa mengakibatkan kecelakaan juga. Jalan tidak jadi lancar malah macet.
Selain macet juga pengguna jalan yang lain jadi resah gelisah melihatnya. Dari
peristiwa itu bisa mengganggu pengguna jalan yang lain.
VII.
Solusi
1.Peningkatan
Fasilitas Transportasi Umum
Peningkatan fasilitas transportasi umum
termasuk solusi awal, yang di maksud yaitu peningkatan fasilitas yang di
gunakan oleh transportasi. Bisa juga meningkatkan transportasi umum, lebih
banyak transportasi umum lebih sedikit yang berkendara dengan sepeda motor,
Karena paling banyak terjadi kecelakaan yaitu pengendara sepeda motor.
2.Penyuluhan
Ketertiban Dalam Lalu Lintas
Pengguna jalan raya masih banyak yang
melanggar peraturan lalu lintas bahkan masih banyak yang belum cukup umur dan
tidak mempunyai surat izin mengemudi (SIM). Maka dari itu pihak kepolisian tiap
pekan bulan mengadakan penyuluhan tentang ketertiban lalu lintas. Karena faktor
utama kecelakaan lalu lintas yaitu faktor manusia yang tidak tau arti dari
peraturan lalu lintas.
3.Terjunnya Polisi Lalu Lintas
Melihat dari kondisi seperti ini pihak
polisi lalu lintas seharusnya sadar dan mengarahkan seluruh anggota untuk
terjun langsung ke jalan raya mengatur jalannya lalu lintas. Karena
bagaimanapun juga itu sudah jadi tanggung jawab mereka polisi lalu lintas. Jika
kondisi seperti ini di biarkan maka tidak menutup kemungkinan akan sering
terjadi kecelakaan dikarenakan pengaturan jalan yang asal-asalan. Yang di
lakukan oleh pihak – pihak tertentu yang
dapat merugikan pengguna jalan maupun nyawa mereka sendiri.
PENUTUP
Dengan mengucapkan syukur kehadirat Allah SWT, penulis telah
menyelesaikan karya tulis ini. Penulis juga berharap kritik dan saran agar
karya tulis ini lebih baik dan lebih sempurna lagi. Tidak lupa Penulis
mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam
penyusunan karya tulis ini.Semoga apa yang penulis buat ini,dapat bermanfaat
bagi semua kalangan.
KRITIK DAN SARAN
1. Hendaknya masyarakat sekitar harus memilki kesadaran yang
tinggi dalam menggunakan sarana dan prasarana transportasi.
2. Hendaknya pemerintah harus lebih jelas dalam membuat peraturan
berlalu lintas.
3. Hendaknya pemerintah harus meningkatkan lagi peraturan
lalu lintas.
4. Hendaknya pemerintah
memberi kemudahan dan kenyamanan bagi para pengguna sarana dan prasarana
transportasi.