Tuesday 9 September 2014

Sinopsis Novel MISTERI JERITAN JAM




Di ciptakan oleh          : Alfred Hitchcock
Alih bahasa     : Agus setiadi
Penerbit           : PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta 1984
Ilustrasi           : Harry kane
Tebal               : 197
Ukuran buku   : 18x11 cm
Alur cerita       : Campuran
Latar cerita      : Kamar  Alfred Hitchcock

Penokohan       :
    1.      Jupiter Jones                      : Tidak mudah putus asa, banyak akal, baik.
    2.      Bob Andrews                     : Banyak akal, Tidak mudah putus asa, baik.   
    3.      Pete Crenshaw                   : Banyak akal, Tidak mudah putus asa, baik.
    4.      Mr. Felik                            : Ramah, tanggung jawab.
    5.      Mr.Hadley/ Albert Clock   : misterius, aneh, tidak tanggung jawab, humoris.
    6.      Harry                                  : cepat emosi, baik.
    7.      Mr. Jeeters                          : jahat.
    8.      Alfred Hitcock                    : mau berbagi cerita, baik.
    9.      Miss imogene taylor           : cerewet, ramah.
   10.  Mrs. Martha harris               : ramah, baik.
   11.  Carlos & Gerald cramer      : licik, jahat.
   12.  Gerald Watson                    : ramah, baik.
   13.  Hugenay                              : licik, baik.



Rangkuman cerita:
Suatu hari, trio detektif yaitu jupiter, Bob, dan Pete menemukan sebuah jam di tempat pembuangan barang bekas. Mereka tertarik dan menyalakanya. Tiba-tiba terdengar suara jeritan yang mengerikan. Ke tiga detektif itu pun penasaran dan ingin mengusut teka-teki misteri jam tersebut. Dan mereka menemukan sebuah surat, yang berisi “Rex yang baik, Tanya imogene, Tanya Gerald, tanya Martha. Setelah itu bertindak ! bahkan kau pun akan heran melihat hasilnya” Namun, mereka pertama-tama mencari tahu dari mana asal jam tersebut. Setelah di selidiki, ternyata pembuat jam tersebut adalah Mr. Felik dan cerita dari dia  pemilik jam itu tidak tahu di mana sekarang keberadaanya (Alfred Hitchcock). Dan dia Alfred Hitchcock meninggalkan rumah untuk di jaga oleh keluarga lain. Cerita singkat oleh harry pemuda anak dari keluarga itu ternyata mereka di tinggal begitu saja ayahnya di penjara karena di tuduh mencuri 3 lukisan yang di temukan di rumah alfred, dan untuk mencukupi kebutuhan merawat rumah. Dia menyewakannya bagian atas rumah kepada Mr. jeeters. Anak muda itu membantu menyelidiki misteri jam itu. Mereka pun mencari orang-orang yang namanya terdapat di surat jam itu. Dan mereka pun menemukan tanda-tanda baru. Adanya surat yang di berikan oleh orang-orang yang di maksud surat tersebut  , surat itu penuh misteri pula. Mereka tidak mengerti maksud dari bacaan surat tersebut. Tapi, bukan detektif namanya jika seperti itu sudah menyerah.telah 3 surat yang merka kumpulkan untuk di artikan. Kata perkata mereka artikan, penuh kesabaran, dan penuh perjuangan. Ternyata, saat perjalanan pulang ada orang yang membututi mereka, cara-cara di lakukan untuk melindungi jam misteri itu untuk tidak jatuh ke tangan orang lain. Namun, dia lebih licik.. barang bukti hilang, ke tiga detektif itu tetap tidak putus asa. Dengan surat itu mereka berusaha mengartikan isinya. Dan sampai suatu ketika surat itu pun ada yang mencuri. “Sungguh aneh.. jam menjerit, surat2 misteri. Dan akan ada apalagi ini”,sahut mereka.
Tiba-tiba saat pulang dari markas, bob di kepung oleh segerombolan orang ternyata orang tersebut adalah Mr. Jeeters, carlos dan Gerald. Bob di tahan, dan di paksa untuk memberi tahu isi tentang surat yang telah mereka pegang. Tapi, usaha bob untuk membela diri sia-sia. Mereka lebih licik, ahirnya bob memberi tahu isi surat pertama itu. Dan orang itu menelfon jupe, untuk memberi tahu isi surat selanjutnya. Dengan penuh ketakutan ahirnya jupe menuruti perintah mereka, namun saat jupe hendak menyusul ke tempat persembunyian itu tiba-tiba ada orang yang bernama Hugenay mengaku kenal dengan alfred hitcock dia mengaku teman dekatnya dan dia pun tahu sekarang alfred berada di mana. Cerita singkat orang tersebut, ahirnya jupe dan orang itu menjalankan misi mereka, untuk terbebas dari komplotan orang tersebut dan mengusut misteri itu.

            Setelah jemputan jupe datang, jupe masuk dan di bawa ke tempat tersebut. Setelah sampai, tiba-tiba segerombol polisi datang dan menggerebeg orang-orang tersebut. Ternyata polisi itu adalah Hugenay dan kedua temannya. Setelah orang itu di ringkus, jupe, bob dan teman alfred hitcock tersebut langsung melajutkan misi, mereka pergi ke rumah alfred hitcock dan memasuki kamar tempat koleksi jamnya itu. mereka bingung, harus mencari kemana bukti selanjutnya. Tiba-tiba jupe mempunyai akal, dengan petunjuk surat pertama dan ke dua. Dia menyalakan semua jeritan jam itu dengan nyaring-keras. Dan tiba-tiba kaca yang ada di dalam ruangan itu pecah, dan ternyata di balik kaca itu terdapat lukisan-lukisan yang telah di curinya, yang mengakibatkan ayah dari penjaga rumah alfred hitcock di penjara, ahirnya misteri jam itu terbongkar, alfred menyampaikan pesan-pesan itu kepada temannya sedangkan dia pergi ke luar negri, untuk bersembunyi. Dan karena penyakit parah, alfred meninggal. Dengan barang bukti itu ayah harry dapat di bebaskan dari penjara. Dan pencuri lukisan mahal di kota itu ahirnya terungkap...