Thursday 11 September 2014

LANGKAH-LANGKAH SHARING INTERNET

                               
Alat-alat yang digunakan:
  • 1 unit pc/laptop/netbook menggunakan OS Windows 7
  • 1 unit access point TP-Link WR340G berikut kabel RJ45 (included)
  • modem CDMA (misal smartfren, dll)
  • 1 unit handphone yang wifi buit-in

Konfigurasikan kabel seperti gambar di bawah ini, bisa dilihat bahwa kabel  RJ5 dicolok pada salah satu port LAN yang ada pada acess point, lalu ujungnya dicolokkan pada LAN port PC/Laptop yang bertindak sebagai PC server/gateway.



Untuk setting awal, pastikan LAN PC diset ke DHCP, dari Control Panel > akses Network and Sharing Center > Local Area Network > Properties > Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv.4) > Properties.



Setelah itu masuk ke browser, buka URL tplinklogin.net, maka muncul prompt login, masukkan user admin dan password admin default jika belum pernah dirubah. Di jendela utama web based, pilih menu Quick Setup.



Klik Next, lalu pilih Dynamic IP
Klik Next, di halaman selanjutnya tentukan nama SSID, lalu pilih apakah Wireless security dibuat Open atau Secure. Disarankan mengaktifkan WPA, dalam tips ini tidak menggunakan WPA, koneksi wireless dibiarkan Open dulu.


klik Next lalu muncul opsi untuk mereboot access point.

selanjutnya di bagian menu Network, klik LAN lalu ubah IP LAN router menjadi 192.168.1.1


 berikutnya di menu WAN pastikan WAN Connection Type diset ke ‘Dynamic IP’

selanjutnya di bagian menu DHCP, pilih DHCP Settings, tentukan Start IP, End IP, Gateway dan DNS. Untuk DNS kita masukkan DNS provider dari modem CDMA yang kita pakai, lihat gambar di bawah.
Terakhir adalah set Internet Sharing dari koneksi Modem yang kita gunakan. Dari Control Panel > buka Network and Sharing Center, klik kanan nama modem > Properties, selanjutnya klik tab Sharing. Ceklist bagian Internet Connection Sharing seperti pada gambar.


Last silahkan koneksikan modem ke Internet, lalu test dari handphone atau perangkat wifi lainnya untuk konek ke access point ini.