Konflik
yang menimpa Minarsih dan Hengky Syam sedikit berbeda. Keduanya mengadukan
nasibnya pada Komisi I DPRD, karena menganggap menerima perlakuan yang tidak
adil dari perusahaan tempatnya bekerja. Mereka merupakan karyawan PT Kayan
Putra Utama Coal, yang telah bekerja sejak tahun 2000 lalu dan bertugas sebagai
juru masak. Namun sejak bulan Agustus tahun lalu mereka dimutasikan dari mess
Separi I ke mess Separi II. Karena jarak keduanya jauh maka mereka menolak
untuk dipindah dan memilih berhenti bekerja. Dengan meminta pesangon dan sisa
pembayaran gaji serta uang lembur yang menjadi hak mereka. Pihak perusahaan
tidak dapat menerima begitu saja, karena menganggap keduanya telah mengkir dari
kerjaannya. Dengan alasan ketidakdisiplinan sehingga perlu dibina lebih lanjut.
Sebelum mengambil keputusan, terlebih dahulu kami melakukan pembinaan, kata
Erwan Agim Direktur PT Kayan Putra. Dengan alasan bahwa masalah kedisiplinan
tidak dapat ditolerir maka perusahaan tidak dapat memenuhi sesuai yang diminta
keduanya. Selain itu nilai nominal yang diminta dianggap sangat berlebihan.
Permasalahan
ini menjadi panjang dan rumit ketika keduanya saling melaporkan pada pihak yang
berwenang. Sampai akhirnya masalah ini mendapat putusan P4D (Penyelesaian
Perselisihan Permasalahan Perburuhan Daerah) dari propinsi. Namun belum
menghasilkan karena keduanya akan meneruskan ketingkat pusat, karena belum
mendapatkan keputusan yang sesuai dengan yang diharapkan. Ketidak sepahaman
antar keduanya yang terus berlarut-larut. Maka Komisi I DPRD bersama manajemen
perusahaan, Pengadilan Negeri, kepolisian dan Dinas Tenaga Kerja Kukar
memfasilitasi pertemuan antar karyawan dan perusahaan untuk dapat diselesaikan
secara kekeluargaan. Keduanya memiliki itikat baik untuk dapat menyelesaikan
dengan musyawarah, kata Martin Apuy. Maka mengambil jalan tengah yang terbaik
bagi keduanya masih terbuka lebar.
Akhirnya
penantian panjang Minarsih dan Hengky Syam telah berakhir. Setelah lebih dari
delapan bulan berjuang untuk mendapatkan haknya, kesepakatan perdamaian antar
keduanya telah disepakati. Tuntutan berupa ganti rugi pesangon, kekurangan gaji
dan upah lembur yang diminta dapat dipenuhi perusahaan. Walaupun tidak sebesar
tuntutan semula, namun dengan dipenuhinya hak mereka sebesar Rp 14 juta untuk
masing-masing karyawan. Kesepakatan ini membuat lega kedua belah pihak, PT PT
Kayan Putra dengan karyawannya Minarsih dan Hengky. Kami menerima kesepakatan
ini, pada dasarnya kami ingin menempuh upaya damai, papar Minarsih.
Sebenarnya
untuk masalah ini bisa dilakukan dengan berbagai cara.
1. Membentuk suatu system informasi yang
terstruktur, agar tidak terjadi kesalahan dalam komunikasi. Misalnya, dengan
membuat papan pengumungan atau pengumuman melalui loudspeaker.
2. Buat komunikasi dua arah antara
atasan dan bawahan menjadi lancer dan harmonis, misalnya dengan membuat rapat
rutin, karena dengan komunikasi yang dua arah dan intens akan mengurangi
masalah di lapangan.
3. Beri pelatihan dalam hal komunikasi
kepada atasan dan karyawan, pelatihan akan memberikan pengetahuan dan ilmu baru
bagi setiap individu dalam organisasi dan meminimalkan masalah dalam hal
komunikasi.
CONTOH KONFLIK ANTAR KARYAWAN
Konflik Antar Karyawan di Freeport Pengaruhi Produksi Tambang
Emas
JAKARTA,
RIMANEWS - Konflik antar karyawan di Freeport dinilai bakal mempengaruhi
produksi tambang emas yang tahun lalu mencapai 1,79 juta ounce. Perusahaan
tambang asal AS itu mesti segera mencari solusi.
Pemerintah
meminta PT Freeport Indonesia (PT FI) dan karyawan duduk bersama mencari
solusi untuk mengatasi aksi mogok kerja. Dengan demikian, aksi yang melibatkan
Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) itu bisa diselesaikan dan tidak mengganggu
proses produksi perusahaan yang beroperasi di dataran tinggi Mimika, Papua
tersebut.
“Kami meminta
Freeport menyelesaikan masalah segera. Perusahaan dan pekerja harus duduk
bersama dan membicarakan solusi. Ini cara terbaik untuk mencari jalan
keluar,” ujar Dirjen Mineral dan Batubara (Minerba) Kementerian Energi dan
Sumber Daya Mineral Thamrin Sihite dengan nada kesal di Jakarta, kemarin.
Bekas Wakil
Ketua Umum Kadin bidang Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Herman Afif
menambahkan, Freeport harus segera menyelesaikan konflik ini agar tidak
menjalar ke aspek lain, seperti produksi.“Manajemen harus memperhatikan
kewajibannya terhadap karyawan dan sebaliknya karyawan diharapkan dapat
menunjukkan tanggung jawabnya, tidak hanya sekedar menuntut haknya. Kedua
pihak harus saling transparan dengan menjalin hubungan yang saling
menguntungkan,” saran Herman.
Menurutnya,
track record (rekam jejak) Freeport sudah menunjukkan kebaikan dari sisi
upah. Jika dibandingkan perusahaan tambang lainnya, upah di Freeport
tergolong tinggi. “Jika setiap perusahaan tambang bergejolak akan
mempengaruhi kedua pihak. Di satu sisi, perusahaan butuh karyawan. Di sisi
lain, karyawan jika tidak bekerja di sana, mau kerja di mana lagi,”
lanjutnya.Anggota Komisi VII DPR Satya Wira Yudha meyakini, aktivitas
produksi akan terganggu selama aksi mogok kerja ini belum bisa diselesaikan.
Dalam jangka panjang, ribuan pekerja yang secara bersama-sama mogok akan
berpotensi mengurangi pendapatan negara dari segi pajak dan royalty. Iklim
investasi di bidang pertambangan juga akan terganggu.
Untuk itu,
dia meminta manajemen terbuka menyampaikan hal teknis yang menyangkut upah
karyawan. Sehingga bisa dibandingkan, apakah upah yang diberikan sudah
sesuai dengan standar upah minimum yang ditetapkan Kementerian Tenaga Kerja. Sebanyak
8.000 karyawan Freeport mogok kerja karena manajemen Freeport Indonesia
dianggap tidak bersedia membuka ruang untuk mengadakan perundingan
Perjanjian Kerja Bersama (PKB) dengan Pengurus Unit Kerja Serikat Pekerja
Kimia, Energi dan Pertambangan SPSI PT Freeport Indonesia.
Namun, juru
bicara Freeport Ramdani Sirait mengatakan, perusahaan telah berusaha untuk
memulai perundingan PKB untuk periode 2 tahun ke depan yang akan dimulai pada
Oktober 2011. Namun, pimpinan serikat pekerja tidak bertemu dengan
perusahaan karena terjadinya kerancuan mengenai perubahan kepemimpinan
dalam serikat.Berbeda dengan Ramdani, salah satu pengurus SPSI Freeport
Indonesia Virgo Solossa mengatakan, sekitar 8.000 karyawan yang melakukan
aksi mogok kerja itu merupakan karyawan daerah produksi, pengoperasian
pabrik dan pengapalan, sehingga saat ini semua kegiatan itu
terkendala.“Kegiatan produksi masih ada, tapi kebanyakan yang melakukan itu
para pimpinan (manajemen). Alat-alat beratnya tidak beroperasi,”
ujarnya.Pada 2010, produksi tembaga Freeport di Papua tercatat sebesar 1,22
miliar pon, turun dari 1,41 miliar pon pada 2009. Produksi emas pada 2010
berkurang menjadi 1,79 juta ounce dari 2,57 juta ounce pada 2009.
KONFLIK ANTARA ATASAN
Tak perlu heran
jika dalam suatu perusahaan terdapat bebagai macam konflik. Baik konflik antar
karyawan, konflik antara atasan dan konflik antara karyawan dengan atasan. Ada
beberapa faktor penyebab dari beberapa konflik tersebut, yaitu:
- Perbedaan individu, yang
meliputi perbedaan pendirian dan perasaan.
- Perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi-pribadi yang berbeda.
- Perbedaan kepentingan antara
individu atau kelompok.
- Perubahan-perubahan nilai yang cepat dan mendadak dalam masyarakat.
Konflik juga dapat berkembang
karena berbagai sebab, antara lain sebagai berikut:
- Batasan pekerjaan yang tidak jelas
- Hambatan komunikasi
- Tekanan waktu
- Standar, peraturan dan
kebijakan yang tidak masuk akal
- Pertikaian antar pribadi
- Perbedaan status
- Harapan yang tidak terwujud
Pada halaman
ini, penulis ingin membahas konflik antar pemimpin atau antar atasan.
Konflik antar
pemimpin tak luput dalam suatu organisasi perusahaan. Seperti yang sudah
dijabarkan sebelumnya faktor penyebab dari konflik tersebut, yaitu:
- Perbedaan individu, yang
meliputi perbedaan pendirian dan perasaan.
- Perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi-pribadi yang berbeda.
- Perbedaan kepentingan antara
individu atau kelompok.
- Perubahan-perubahan nilai yang cepat dan mendadak dalam masyarakat.
Contoh real
yang sering terjadi dalam konflik antar pemimpin adalah rasa ingin saling
menonjol dalam kepiawaian memimpin. Hal ini dapat terlihat dari cara mereka
dalam:
- Bersikap kepada karyawan
dengan cara berlebihan
- Cara mereka berlomba-lomba
dalam memanjakan karyawan
- Perbedaan keputusan yang tak
berujung saat dibutuhkannya suatu keputusan,
- Persaingan yang tak lumrah
dalam memperoleh jabatan lebih, dan hal-hal lainnya yang dapat menimbulkan
penialaian tersendiri dari karyawan.
Konflik tersebut dapat dicegah
atau dikelola dengan :
- Disiplin : Mempertahankan disiplin dapat digunakan untuk mengelola dan mencegah
konflik. Manajer utama atau pemilik perusahaan harus mengetahui dan
memahami peraturan-peraturan yang ada dalam organisasi. Jika belum jelas,
mereka harus mencari bantuan untuk memahaminya.
- Pertimbangan Pengalaman
dalam Tahapan Kehidupan : Konflik
dapat dikelola dengan mendukung manajer utama atau pemilik untuk mencapai
tujuan sesuai dengan pengalaman dan tahapan hidupnya.
Misalnya : manajer junior yang berprestasi dapat dipromosikan untuk
mengikuti pendidikan kejenjang yang lebih tinggi, sedangkan bagi manajer senior
yang berprestasi dapat dipromosikan untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi.
- Komunikasi : Suatu Komunikasi yang baik akan menciptakan lingkungan yang
terapetik dan kondusif. Suatu upaya yang dapat dilakukan manajer untuk
menghindari konflik adalah dengan menerapkan komunikasi yang efektif dalam
kegitan sehari-hari yang akhirnya dapat dijadikan sebagai satu cara hidup.
- Mendengarkan secara aktif : Mendengarkan secara aktif merupakan hal penting untuk mengelola
konflik. Untuk memastikan bahwa penerimaan para manajer perawat telah
memiliki pemahaman yang benar, mereka dapat merumuskan kembali
permasalahan para pegawai sebagai tanda bahwa mereka telah mendengarkan.
1 komentar:
Saya tidak bisa menutup rumah pertama saya tanpa Tuan Pedro! Pedro dan timnya melampaui dan melampaui saya dalam transaksi ini. Dia menangani waktu penyelesaian saya yang sangat ketat dengan mudah dan selalu tersedia untuk saya ketika saya memiliki pertanyaan (dan saya punya banyak pertanyaan), bahkan ketika dia jauh dari kantor, yang sangat saya hargai! Dia dan timnya menangani banyak pertengkaran di menit-menit terakhir dengan penjual dan bekerja tanpa lelah untuk memastikan bahwa saya dapat menutup sebelum masa sewa saya (dan bantuan uang muka saya, dalam hal ini) berakhir. Tuan Pedro adalah Petugas Pinjaman yang sangat berpengetahuan, sopan, dan sabar. Saya melewati beberapa penawaran properti sebelum pembelian terakhir saya, dan Pedro ada di sana untuk membantu setiap penawaran, sering kali berkoordinasi dengan agen saya di belakang layar. Saya merasa didukung sepanjang seluruh proses. Berkat Pedro dan upaya tak kenal lelah timnya, saya sekarang menjadi pemilik rumah yang bangga! Saya akan mendorong Anda untuk mempertimbangkan Pedro dan perusahaan pinjamannya untuk segala jenis pinjaman.
# Pinjaman mobil
# Pinjaman rumah
# Pinjaman bisnis
# Pinjaman pribadi
Tuan, Pedro Penawaran Pinjaman
Email- pedroloanss@gmail.com.
Atau WhatsApp: +18632310632