Thursday 11 September 2014

TEKANAN HIDROSTATIK

 Pendahuluan

v  LatarBelakang

Didalamkehidupansehari-hariseringdijumpaiberbagaimacamzatyaituzatcair, zatpadat, danzat gas.Zatcairmerupakancairanberbentukcairseperti air, minyak, bensindansebagainya.Zatpadatadalahzat yang memilikibentukkerasataupadatsepertiesbatu.Zat gas merupakanzat yang berbentuk gas atauudarasepertibalon yang ditiupberisi gas.
Fluidaadalahzat yang tidakdapatmengalirdanmemberikansedikithambatanterhadapperubahanbentukketikaditekan.Olehsebabitu yang termasukfluidahanyalahzatcairdanzat gas.Fluida yang saatini yang dilakukanpercobaanyaitufluidastatis.
Fluidastatismerupakanfluida yang tidakmengalamiperpindahanbagian-bagiannya.Fluidastatis (hidrotatis) mengenalbeberapakonsep yang salingberkaitan, yaitutekananhidrostatis, hukumpascal, hukumarchimedes, teganganpermukaan, kapilaritas, dankekentalanzatcair.
Tekanandidefinisikansebagaigaya yang bekerjategakluruspadasuatubidangdibagidenganluasbidangitu. Padafluidastatisterdapattekananhidrostatis.Tekananhidrostatismemilikiketerkaitanterhadapluaspermukaanwadahataubejana.
Tekananhidrostatisdidefinisikansebagaibesarnyagayatekanzatcair yang dialamiolehbejanatiapsatuanluas. Didalamfluidaterdapattekanandimanajikaluaspermukaanwadahlebihbesarmakatekanan yang dihasilkansemakinkecildansebaliknyajikaluaspermukaanwadahwadahlebihkecilmakatekanan yang dihasilkansemakinbesar.Jadiluaspermukaanwadahmempengaruhibesarataukecilnyatekanan yang dihasilkan.
Percobaan yang dilakukanmengenaifluidastatisdimanakitamengamatibesartekananhidrostatisnya.Kita menggunakansebuahbotol yang diberilubangsebanyaktigalubang yang ditutupdenganselotiplaludiisidengan air sampaipenuh.Disinikitaakanmelihatperbandingantekanan yang dihasilkansetelahlubangdibuka, yang manalubangnyadibukasatupersatudandiukurkejauhannyadenganmistar, setelahkitamelakukanpercobaantersebutmakakitadapatmembandingkanbesarataukecilnyatekanan yang dihasilkan. Denganpercobaansepertiinikitadapatmembuktikanteori –teoridaritekananhidrostatis.
v  TujuanMasalah
    ·         Untukmengetahuihasilpercobaan yang telahdilakukandalammenentukantekananhidrostatis.
    ·         Untukmengetahuicaramenentukantekananhidrostatisdalampercobaan
    ·         Untukmengetahuihubunganantarakedalaman air terhadaptekananhidrostatis.


v  ManfaatPercobaan

    ·         Untukmengetahuihasilpercobaan yang telahdilakukandalammenentukantekananhidrostatis.  
    ·         Untukmengetahuicaramenentukantekananhidrostatisdalampercobaan
    ·         Untukmengetahuihubunganantarakedalaman air terhadaptekananhidrostatis.
   Selaindariitu, manfaat lain daripembuatanhasilpercobaaniniadalah :
a.      Bagi Pembaca
      Bagi para pembaca yang belum mengetahi bagaimana tekananhidroststik, dengan membaca hasilpercobaan ini dapat memahami hal tersebut dengan baik.

b.      Bagi Penulis
      Diharapkan dengan adanya makalah ini bukan hanya makalah ini saja yang akan disusun oleh penulis, tetapi diharapkan akan muncul hasilpercobaan yang lain yang lebih berguna lagi bagi semua pihak yang membacanya, terutama bagi para pembaca. Selain itu juga manfaat dari penulis agar dapat mendapatkan nilai dari guru yang memberikan tugas ini.


Percobaan

A.             Teori
MasihingatkahAndadefinisitekanan?Tekananadalahgaya yang bekerjategakluruspadasuatupermukaanbidangdandibagiluaspermukaanbidangtersebut. Secaramatematis, persamaantekanandituliskansebagaiberikut.
P = F/ A
Ket :F = gaya (N),
A = luaspermukaan (m2),
P = takanan
TekananHidrostatisadalahtekanan yang terjadi di bawah air.Tekananhidrostatisdisebabkanolehfluidatakbergerak.Tekananhidrostatis yang dialamiolehsuatutitik di dalamfluidadiakibatkanolehgayaberatfluida yang berada di atastitiktersebut. Jikabesarnyatekananhidrostatispadadasartabungadalahp, menurutkonseptekanan, besarnyap dapatdihitungdariperbandinganantaragayaberatfluida (F) danluaspermukaanbejana (A).
            Gaya beratfluidamerupakanperkalianantaramassafluidadenganpercepatangravitasiBumi, ditulis
P = massa x gravitasibumi / A
Olehkarenam = ρ V, persamaantekananolehfluidadituliskansebagai
P  =  ρVg / A
Volume fluida di dalambejanamerupakanhasilperkalianantaraluaspermukaanbejana (A) dantinggifluidadalambejana (h).Olehkarenaitu, persamaantekanan di dasarbejanaakibatfluidasetinggih dapatdituliskanmenjadi
P =  ρ(Ah) g / A = ρ h g 
            Jikatekananhidrostatisdilambangkandenganph, persamaannyadituliskansebagaiberikut.
ph= ρ gh
 dengan: ph= tekananhidrostatis (N/m2),
ρ = massajenisfluida (kg/m3),
g = percepatangravitasi (m/s2), dan
h = kedalamantitikdaripermukaanfluida (m).
SemakintinggidaripermukaanBumi, tekananudaraakansemakinberkurang. Sebaliknya, semakindalamAndamenyelamdaripermukaanlautataudanau, tekananhidrostatisakansemakinbertambah. Mengapademikian? Hal tersebutdisebabkanolehgayaberat yang dihasilkanolehudaradanzatcair. Andatelahmengetahuibahwalapisanudaraakansemakin tipis seiringbertambahnyaketinggiandaripermukaanBumisehinggatekananudaraakanberkurangjikaketinggianbertambah. Adapununtukzatcair, massanyaakansemakinbesarseiringdenganbertambahnyakedalaman. Olehkarenaitu, tekananhidrostatisakanbertambahjikakedalamanbertambah.



Ø  Alat dan bahan

1.       Kemasan air mineral
2.       Solder
3.       Selotip
4.       Gunting
5.       Air

Ø  Cara Kerja

1.       Ukurlah ketiggian botol  ( dengan ketinggian 31 cm )

2.       Namun, tinggi yang digunakanadalahsampaidengantinggibagian yang rata saja (23 cm dan diameter 8 cm)

3.       Laludilubangimenjadi 4 bagian.jaraksetiaplubangadalah 4,5 cm. Sayamelubanginyadengan solder.
4.       Tutupsetiaplubangdenganselotip

5.       Isi air sampaiketinggian 23 cm



6.       Setelah air terisi penuh lalu lepaskan seluruh selotip yang menutupi setiap lubang yang ada .
A
B
C
D

7.       Lalu catatlah hasil pengamatan !!!!!!!!
D.                  Hasil Pengamatan

Lubang
Ukuran Tembakan Air
Keterangan Tembakan Air
A
5 cm
Dekat
B
9 cm
Sedang
C
13 cm
Agak jauh
D
17 cm
Jauh



Penutup

A.             Kesimpulan
            Dari hasil percobaan diatas yang memiliki tembakan air yang paling jaun adalah lubang E sedangkan lubang yang memiliki tembakan air yang paling dekat adalah lubang A. Hal ini membuktikan bahwa semakin dalam ke dalaman air semakin beser tekanannya.

            Tekanan hidrostatik adalah tekanan yang disebabkan oleh beratnya sendiri. pengetahuan tekanan hidro statik ini banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya sebuah bendungan air dibuat dengan ketebalan dinding yang berbeda. Semakin kebawah dinding bendungan makin tebal. Keadaan ini dimaksudkan untuk menahan tekanan hidrostatik yang lebih besar dengan semakin dalamnya bendungan tersebut.